cover
Contact Name
Kadek Wirahyuni
Contact Email
kadek.wirahyuni@undiksha.ac.id
Phone
+6282236067235
Journal Mail Official
kadek.wirahyuni@undiksha.ac.id
Editorial Address
Jalan Udayana No.11 Singaraja
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha
ISSN : http://u     EISSN : http://u     DOI : http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v10i1
Core Subject : Education,
As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesia Language and Art Education. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may represent a variety of theoretical perspectives and different methodological approaches. They may refer to any age level, from infants to adults and to a diversity of learning and instructional settings, from laboratory experiments to field studies. The major criteria in review and the selection process concerns the significance of the contribution to the area of learning and instruction. Instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational, technology, and educational development at Indonesia Language and Art Education
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 2 (2021)" : 12 Documents clear
Pembinaan Majalah Sekolah Gempita Esaba dan Relevansi Terhadap Bahan Ajar Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Bangli Diyanti, Kadek Risma; Wendra, I Wayan; Tantri, Ade Asih Susiari
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Vol 11, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpbs.v11i2.36175

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kegiatan pembinaan majalah sekolah Gempita Esaba dan relevansi terhadap bahan ajar Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Bangli. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru pembina, siswa dan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Objek penelitian ini adalah pembinaan majalah sekolah Gempita Esaba dan penggunaannya sebagai bahan ajar Bahasa Indonesia. Data dikumpulkan dengan metode wawancara dan dokumentasi. Tahap analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan majalah sekolah Gempita Esaba di SMP Negeri 1 Bangli terdapat dua kegiatan, yaitu kegiatan pembinaan anggota baru tim redaksi dengan menggunakan jenis pembinaan meliputi pembinaan orientasi, pembinaan kepribadian, dan pembinaan kecakapan dan kegiatan pembinaan tim reporter dengan menggunakan jenis pembinaan meliputi pembinaan orientasi, pembinaan kepribadian, pembinaan kecakapan dan pembinaan lapangan. Relevansi majalah sekolah dengan bahan ajar dapat dilihat dari naskah teks pada majalah sekolah ditulis oleh siswa dan guru yang mengakibatkan KD di kurikulum selalu muncul sehingga penggunaan majalah sekolah Gempita Esaba sebagai bahan ajar Bahasa Indonesia yang dilakukan guru meliputi tiga kegiatan yakni perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini direkomendasikan bagi sekolah-sekolah lain agar dijadikan referensi dalam melakukan kegiatan pembinaan majalah sekolah dan penggunaan majalah sebagai bahan ajar.Kata Kunci: Bahan Ajar; Pembinaan Majalah Sekolah.
Analisis Komponen Teks Berita Karya Siswa Kelas VIII SMP Negeri Satu Atap 1 Tejakula Santi, Ni Komang Widya; Wendra, I Wayan; Nurjaya, I Gede
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Vol 11, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpbs.v11i2.35282

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komponen teks berita karya siswa kelas VIII SMP Negeri Satu Atap 1 Tejakula dari segi kelengkapan komponen ADIKSIMBA, dan pola penyusunan komponen ADIKSIMBA. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif dengan subjek teks berita karya siswa kelas VIII SMP Negeri Satu Atap 1 Tejakula dan objek adalah komponen teks berita khususnya tentang komponen ADIKSIMBA. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik dokumentasi, dan deskriptif kualitatif digunakan dalam analisis data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan dari 46 data yang peneliti analisis, ditemukan 30 (65,21 %) data memenuhi kelengkapan komponen ADIKSIMBA, sedangkan untuk data yang tidak lengkap 16 (34,79%) data. Dari ketidaklengkapan komponen tersebut ditemukan beberapa komponen yang tidak ada yaitu komponen di mana dan bagaimana 1 (2,17 %), komponen mengapa 6 (13,05 %), dan komponen kapan 9 (19,58 %), (2) dari 46 data ditemukan 33 macam pola penyusunan komponen ADIKSIMBA, 5 (10,8%) ABCDEF, 3 (6,52%) ABCEDF, 3(6,52%) ABDCEF, 3(6,52%) ABEDF, 2(4,34%) DABCEF, 2(4,34%) ABCDF, 2(4,34%) ABDCF, dan 26 (56,42%) pola lain-lain.Kata Kunci: Komponen ADIKSIMBA; Teks Berita; Pola ADIKSIMBA.
Relevansi Materi Sastra dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Terbitan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Pradnyani, I Gusti Ayu Putu; Wisudariani, NI Made Rai; Artawan, Gde
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Vol 11, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpbs.v11i2.36256

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi muatan materi sastra dalam buku teks Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Terbitan Kemendikbud. Penelitian ini berjenis deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif.  Subjek penelitian ini ialah buku teks Bahasa Indonesia kelas VIII. Objek penelitian ini ialah muatan materi sastra dalam buku teks. Metode dalam penelitian ini yakni metode dokumentasi. Data berwujud kata-kata, kalimat dan materi sastra. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa relevansi muatan materi sastra dengan KI didalam buku teks tersajikan sebanyak 13 materi sastra yang dikatakan relevan, lalu tersedia 3 pokok pembahasan materi sastra yang tidak relevan karena tidak fokus memberi kejelasan dan aktivitas yang mencapai untuk ketercapaian KI. Relevansi muatan materi sastra dengan KD didalam buku teks tersajikan 10 materi sastra yanggrelevan dengangKD dan tersedia 3 materiisastra yang tidak relevan dengan KD khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII.Kata Kunci: Buku Siswa; Materi Sastra.
Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis dalam Jaringan di Kelas XI SMA Negeri 1 Rendang Pradnya, I Made Pandi Surya; Sudiana, I Nyoman; Darmayanti, Ida Ayu Made
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Vol 11, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpbs.v11i2.36039

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan pembelajaran berbasis dalam jaringan pada mata pelajaranbahasa Indonesia di kelas XI SMA Negeri 1 Rendang,  hasil belajar bahasa Indonesia dari penerapan pembelajaran berbasis dalam jaringan di kelas XI SMA Negeri 1 Rendang, dan kendala-kendala yang dihadapi oleh siswa dan guru pada penerapan pembelajaran berbasis dalam jaringan di kelas XI SMA Negeri 1 Rendang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa kelas XI MIPA 3 dan kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Rendang. Objek penelitian ini adalah penerapan pembelaran berbasis dalam jaringan, hasil belajar siswa, dan kendala-kendala yang dialami oleh guru dan siswa pada proses pembelajaran. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan penerapan pembelajaran berbasis dalam jaringan pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas XI SMA Negeri 1 Rendang, yaitu dalam bentuk Full Online.Hasil belajar Bahasa Indonesia dari penerapan pembelajaran berbasis dalam jadingan sangat memuaskan terlihat dari nilai akhir siswa. Kendala-kendala yang dihadapi guru dan siswa ada empat, yaitu pembelajaran yang tidak sesuai dengan perencanaan, kehadiran siswa yang tidak serentak, kemampuan siswa yang berbeda-beda, serta terkendala jaringan internetKata kunci: Pembelajaran Bahasa Indonesia, Berbasis Jaringan
Pelanggaran Nilai Moral Pada Novel Aku Lupa Bahwa Aku Perempuan Karya Ihsan Abdul Quddus dan Implikasi Pembelajarannya di SMA Azkia, Aufa; Mulyono, Tri; Anwar, Syamsul
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Vol 11, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpbs.v11i2.35613

Abstract

Penelitian ini bertujuan memformulasikan nilai moral yang terkandung dalam novel dan termasuk novel feminisme. Banyak beberapa novel yang mengangkat eksitensi seorang perempuan, salah satunya adalah novel Aku Lupa Bahwa Aku Perempuan karya Ihsan Abdul Quddus. Novel tersebut mengangkat kisah tentang perempuan yang telah menggapai semua ambisinya sebagai politik sukses. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan wujud nilai moral dalam novel Aku Lupa Bahwa Aku Perempuan karya Ihsan Abdul Quddus; (2) mendeskripsikan implikasi pembelajaran nilai moral dalam novel Aku Lupa Bahwa Aku Perempuan karya Ihsan Abdul Quddus. Terdapat wujud data dalam penelitian ini berupa cuplikan kalimat yang terdapat dalam novel Aku Lupa Bahwa Aku Perempuan karya Ihsan Abdul Quddus yang berkaitan dengan wujud nilai moral. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan pendekatan sastra secara objektif, yang artinya pendekatan yang berfokuskan pada karya sastra secara menyeluruh. Subjek dalam penelitian ini adalah novel Aku Lupa Bahwa Aku Perempuan karya Ihsan Abdul Quddus. Dalam penelitian ini terdapat tiga wujud nilai moral (1) hubungan manusia dengan diri sendiri (2) hubungan manusia dengan manusia lain dalam lingkup sosial maupun alam (3) hubungan manusia dengan Tuhan. Dalam wujud nilai moral tersebut, peneliti menggunakan buku Teori Pengkajian Fiksi karya Burhan Nurgiyantoro (2013). Pemanfaatan hasil penelitian ini diimplikasikan sebagai pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA kelas XI semester genapKata Kunci: Implikasi Pembelajaran; Nilai Moral; Novel.
Pemanfaatan Portal Google Classroom dalam Pembelajaran Teks Persuasif di Kelas VIII C SMP Negeri 1 Bangli Tahun Pelajaran 2020/2021 Diantari, I Dewa Ayu Merry; Wisudariani, NI Made Rai; Artika, I Wayan
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Vol 11, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpbs.v11i2.36575

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keunggulan proses pembelajaran teks persuasif menggunakan portal google classroom bagi guru dan siswa di kelas VIII C SMP Negeri 1 Bangli Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Bangli dan guru bahasa Indonesia yang mengajar di kelas VIII C SMP Negeri 1 Bangli. Objek penelitian ini adalah pembelajaran teks persuasif dengan memanfaatkan portal google classroom. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Tahapan analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya keunggulan yang dirasakan oleh guru dan siswa. Guru mendapat tiga keunggulan yang dirasakan saat memanfaatkan portal google classroomdalam pembelajaran teks persuasif dan siswa mendapat enam keunggulan yang dirasakan saatmemanfaatkan portal google classroomdalam pembelajaran teks persuasif.Kata kunci: Google Classroom, Pembelajaran, Teks Persuasif
Wujud dan Faktor Penyebab Alih Kode dan Campur Kode dalam Interaksi Sosial Pedagang dan Pembeli di Pasar Parungkuda Kabupaten Sukabumi Alawiyah, Siti Rifa; Agustiani, Tanti; Humaira, Hera Wahdah
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Vol 11, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpbs.v11i2.36023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberadaan penggunaan kode bahasa pada masyarakat pedagang dan pembeli di Pasar Parungkuda Kabupaten Sukabumi yang bersifat heterogen dan multibahasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan wujud dan faktor penyebab alih kode dan campur kode dalam interaksi sosial pedagang dan pembeli di Pasar Parungkuda Kabupaten Sukabumi. Data ini diperoleh dari percakapan interaksi sosial antara pedagang dan pembeli maupun pedagang satu dengan pedagang lainnya di Pasar Parungkuda Kabupaten Sukabumi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif kualitatif yang data-datanya diperoleh, diklasifikasikan, dianalisis, dan selanjutnya diperoleh suatu gambaran umum tentang data-data yang diteliti dengan menggunakan teknik simak, teknik rekam, dan teknik wawancara. Berdasarkan interaksi sosial pedagang dan pembeli di Pasar Parungkuda Kabupaten Sukabumi diperoleh hasil penelitian berupa wujud alih kode, faktor penyebab alih kode, wujud campur kode, dan faktor penyebab campur kode.Kata Kunci: Alih kode; Campur Kode.
Teknik Evaluasi dalam Pembelajaran Teks Biografi di Kelas X MIA 1 SMA LAB Undiksha A’yun, Bella Qurrata; Putrayasa, Ida Bagus; Yasa, I Nyoman
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Vol 11, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpbs.v11i2.36885

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan teknik evaluasi yang digunakan guru dalam pembelajaran teks biografi di kelas X MIA 1 SMA Lab Undiksha, pelaksanaan teknik evaluasi yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran teks biografi,kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dalam pembelajaran teks biografi. Peneliti menggunakan rancanagan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalan guru bahasa Indonesia kelas X MIA 1 SMA Lab Undiksha dan objek penelitian ini adalah teknik evaluasi pembelajaran teks biografi. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan metode observasi dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yang dapat dibagi menjadi tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, teknik evaluasi yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran teks biografi yaitu teknik tes dan teknik nontes. Jenis tes yang digunakan yaitu tes hasil belajar, tes uraian, tes buatan guru dan tes buku. Kemudian teknik nontes yang digunakan yaitu observasi secara langsung (pengamatan) sikap siswa, pelaksanaan teknik evaluais yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran teks biografi yaitu pelaksanaan pembelajaran teks biografi sudah sesuai dengan langkah-langkah dalam rancangan pelaksanaan pembelajaran, kendala-kendala yang dihadapi guru kelas X MIA 1 SMA Lab Undiksha dalam pembelajaran teks biografi yaitu kemampuan siswa yang berbeda-beda, siswa masih cenderung ribut, dan perencanaan yang dibuat oleh guru kadang tidak sesuai dengan pelaksanaan.Kata Kunci: Teknik Evaluasi; Teks Biografi.
Sastra Lisan Iko - Iko dan Pakannahan di Kepulauan Sapeken Sumenep: Analisis Struktur, Nilai dan Fungsi Sosial Putra, Hendrik Dina; Martha, I Nengah; Yasa, I Nyoman
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Vol 11, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpbs.v11i2.36049

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan Struktur sastra lisan Iko – Iko dan Pakannahan di Kepulauan Sapeken Sumenep, nilai – nilai yang terkandung dalam  sastra lisan Iko – Iko dan Pakannahan di Kepulauan Sapeken Sumenep, dan fungsi sosial sastra lisan Iko – Iko dan Pakannahan di Kepulauan Sapeken Sumenep. Penelitian ini dilakukan di daerah Madura, Kepulauan Sapeken, Kecamatan Sapeken Kabupaten Sumenep Proveinsi Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deksriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu sastra lisan Iko – iko dan  pakananhan di kepulauan Sapeken Sumenep. Objek penelitian ini adalah struktur, nila, dan fungsi sosial sastra lisan Iko – iko dan Pakannahan di Kepulauan Sapeken Sumenep. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, rekaman, mencatat, transkripsi, dan transliterasi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pedoman observasi dan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan dengan mengkaji hasil dokumentasi yang berupa rekaman, teks dan video, dan mentranskripsi data tersebut kumudian mentransliterasikan teks kedalam bahasa Indonesia untuk memproleh data struktur, nilai, dan fungsi sastra lisan Iko –iko dan Pakanannahan tersebut. Struktur sastra lisan Iko – iko dan Pakannahan dapat disimpulkan bahwa setiap struktur dari 6 cerita tersebut memiliki persamaan dan perbedaan baik struktur tokoh, alur, latar, dan tema. Nilai sastra lisan Iko – iko dan Pakannahan di Kepulauan Sapeken Sumenep memiliki tiga fungsi yaitu manusia sebagai individu, yaitu nilai manusia sebagai makhluk sosial, yaitu nilai manusia sebagai hamba Tuhan yang Maha Esa. Fungsi sastra lisan Iko – iko dan Pakannahan di Kepulauan Sapeken Sumenep memiliki empat yaitu yang sebagai hiburan, sebagai alat pengesahan pranata-pranata dan lembaga-lembaga kebudayaan, sebagai alat pendidikan, sebagai alat pemaksa dan pengawas agar norma-norma masyarakat akan selalu dipatuhi anggota kolektifnya.Kata kunci: Sastra Lisan, Struktur, Nilai, dan Fungsi
Penerapan Strategi Omaggio Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menyimak Cerita Rakyat Siswa Kelas X Multimedia SMK TI Bali Global Singaraja Anisa, Siti Nur; Artawan, Gde; Indriani, Made Sri
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Vol 11, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpbs.v11i2.34654

Abstract

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk memaparkan proses pembelajaran dan hasil belajar menyimak cerita dengan menerapkan strategi Omaggio di kelas X Multimedia SMK TI Bali Global Singaraja. Peneliti melakukan pelaksanaan tindakan kelas dalam dua siklus. Tiap siklusnya dilakukan secara bertahap, dimulai dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek yang peneliti amati yaitu guru bahasa Indonesia dan 31 peserta didik di kelas X Multimedia SMK TI Bali Global Singaraja semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Data mengenai proses penerapan strategi Omaggio pada pembelajaran menyimak cerita rakyat didapat melalui hasil observasi pengamatan aktivitas pengajar beserta siswa selama pembelajaran berlangsung, sedangkan data mengenai hasil belajar menyimak cerita rakyat diperoleh dari hasil akhir tes uraian yang telah diberikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara proses pembelajaran menyimak cerita rakyat dengan menerapkan strategi Omaggio mengalami peningkatan terhadap akitivitas guru dan siswa. Guru dan siswa sudah melakukan pembelajaran berdasarkan langkah-langkah strategi Omaggio dan sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah ditetapkan. Penerapan strategi Omaggio juga dapat meningkatkan hasil belajar menyimak cerita rakyat siswa, hal tersebut terlihat dari nilai rata-rata pada pelaksanaan tindakan kelas. Pada siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 74,29 dan nilai rata-rata siswa pada pelaksanaan tindakan siklus II mencapai 86,93. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi Omaggio tepat diterapkan pada pembelajaran menyimak cerita rakyat di kelas X Multimedia SMK TI Bali Global Singaraja.Kata Kunci: Menyimak; Cerita Rakyat; Strategi Omaggio.

Page 1 of 2 | Total Record : 12